Fashion Fundamentals

Fashion Fundamental tidak terlepas dari Fashion Design, yaitu mencipta mode atau mencipta model pakaian. Yang dimaksud dengan mencipta ialah mengeluarkan perasaan yang kuat yang didorong oleh emosi sehingga menmbulkan atau membentuk sesuatu yang baru. Jadi mencipta mode atau fashion design adalah membuat sesuatu yang baru tentang mode pakaian.

Pencipta tidak terbatas pada bidang mode saja, tetapi juga meliputi bermacam-macam hal seperti mencipta design untuk gedung, lukisan, mobil dan lain-lain. Untuk menjadi seorang designer tidak mudah karena seorang designer harus mengetahui selera masyarakat.

Masyarakat dapat menilai mode yang diciptakan oleh seorang designer dengan cara tersendiri menurut selera masing-masing. Pendapat umum tentang desain adalah yang memberikan rasa nikmat dan yang memberikan rasa estetis.

Kreatifitas seorang designer dapat dilihat dari perbedaan gaya yang disajikan kepada para konsumen. Tiap musim atau zaman member inspirasi baru bagi pencipta mode pakaian sehingga modelnya selalu berubah-ubah, tetapi style atau gaya yang diberikan tetap.

Sebagai contoh ; Style “ hoopskirt “ yang terkenal tahun 1860, pada tahun 1946 menjadi mode lagi dengan versi baru. Ini yang disebut style 1860 kembali “ in fashion “. Untuk dapat mencipta mode yang baik, diperlukan persyaratan antara lain bakat, kemampuan, keberanian, pengetahuan tentang tekstil, draping, pembuatan pola pakaian, pengetahuan sejarah pakaian, rasa keindahan.

Seorang fashion designer harus mampu meramal warna, tekstil, silhouette , tidak saja hanya sekedar membuat gambar-gambar mode, juga kemampuan memadu madankan, pengertian garis tekstil, memilih warna.

Perubahan cara hidup juga merubah cara berpakaian, perumahan, makanan. Dahulu makanan dan pakaian dibuat dirumah, lama-lama pakaian dan makanan dibuat diluar rumah berkat transport yang menurun secara cepat serta produksi massa yang efisien.

Dengan demikian fashion berubah pula, dengan timbulnya mesin jahit tahun 1846, maka ongkos pembuatan pakaian lebih murah, bila dibandingkan pembuatan dengan tangan. Perubahan-perubahan fashionpun menjadi lebih cepat, keinginan untuk bermacam-macam style segera diciptakan.

Terdapat Pengaruh kehidupan pada fashion , sehingga dalam perkembangan berbusana tercipta busana disebabkan karena adanya pengaruh -pengaruh tersebut. Selain pengaruh, terdapat pula penyebab perubahan fashion.

Ketika, berkembangnya dunia fashion di dunia maupun di Indonesia, tentu kedua hal  tersebut diatas merupakan faktor-faktor yang sangat mempengaruhi seseorang dalam berbusana.

Dengan demikian, jelaslah bahwa perkembangan fashion tidak saja berasal dari trend mode, style yang berkembang pada saat ini, ataupun informasi dari pelaku bisnis, pemerhati bisnis, dunia marketing, selain itu dari fashion designer dan para forecast fashion.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s