Mind Mapping

Mind Mapping…..awal ketertarikan memetakan  fikiran untuk dijabarkan kepada aktifitas sehari-hari.

Itu hal pertama yang saya asumsikan mendengar kata Mind Mapping. Apa itu? Ada apa sebenarnya di dalam Mind Mapping….

Tidaklah sulit ternyata, setelah membaca dan memahami Mind Mapping. Saya yang selama ini belajar otodidak dan membuat Mind Map berdasarkan pemahaman pribadi .

Mind Map dapat digunakan untuk mencatat sebuah presentasi, materi kuliah, pidato, atau ceramah yang disampaikan seorang pembicara. Dengan membuat Mind Map, kita akan mendapatkan gambaran lengkap dari seluruh hal yang dibicarakan sekaligus melihat hubungannya satu sama lain.

Sebelum membuat Mind Map model seperti ini, ada baiknya kita mengetahui topik utama yang akan dibicarakan dan menjadikannya judul catatan tersebut. Selanjutnya adalah menentukan cabang-cabang utama yang dikenal dengan sebutan Basic Ordering Ideas (BOIs) yang kemudian bersambung ke cabang-cabang pendukung. Selanjutnya kita bisa membuat cabang-cabang pendukung yang lebih detail sampai kita menyadari bahwa pembicara telah berpindah ke topik berikutnya.

Menggunakan Mind Map untuk mencatat sebuah materi yang disampaikan akan sangat membantu untuk memahami suatu persoalan yang dibahas. Sebab Anda tidak akan dapat membuat Mind Map jika tidak memahami hal-hal yang ingin dicatat. Ketika Anda berhasil membuat Mind Map, maka sebenarnya Anda telah mendapat gambaran lengkap tentang topik yang dijelaskan.

Bila anda ingin memulai Mind_Mapping dengan hal yang mudah, mengapa tidak mencobanya segera..!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s