Keindahan Batu Permata

Batu permata yang telah diasah atau diolah akan memunculkan keindahannya yang menakjubkan dan memukau  bagi mata yang melihatnya. Seperti kecemerlangan pada sebuah Diamond atau kilau seperti pelangi pada mutiara, atau gambar cantik pada batu akik.

Cahaya adalah sumber keindahan bagi batu permata, tanpa adanya interaksi antara cahaya dan mineral, sebuah batu ruby tidak akan tampak semenarik bila terkena cahaya. Demikian pula gemerlap sebutir intan akan tampak lebih memukau dengan pancaran warna-warni pelangi. Pantulan warna-warni pada batu opal ( kalimaya) pun menjadi tampak  sangat indah.

Kelangkaan jika keindahan batu permata merupakan daya tarik pertama, yang membuat eksklusif dan nilai tambah. Nilai batu permata amat tergantung pada kualitas warnanya, bebas dari noda kotoran, bobot berat, hasil asahan, Umumnya permata dijual berdasarkan karat. Selain nilai tergantung dari trend mode, serta kepercayaan berbagai budaya di masyarakat. Fluktuasi permintaan pasar dan pasokan sangat berpengaruh terhadap harga permata tertentu.

Keawetan atau Hardness terhadap goresan diukur oleh Friedrich Mohs, seorang mineralogist asal Jerman tahun 1822 yang memperkenalkan Skala Mohs.Ia memilih 10 mineral, mengatur skala tingkat tahan gores dari yang terendah hingga tertinggi.

Sinar pada batu permata atau Luster adalah kilauan yang disebabkan oleh pemantulan sinar pada permukaan permata yang halus dan licin. Pantulan sinar juga dapat menimbulkan efek khusus atau disebut phenomena pada beberapa species batu permata. Ini disebabkan terpantulnya sinar yang jatuh pada inklusi-inklusi atau struktur bagian dalam  batu permata tertentu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s