Merchandising

Merchandising

Merchandising berasal dari kata merchandise yang berarti dagangan. Di Indonesia terdapat istilah Merchandiser yang berarti ” semua kegiatan yang  dilakukan pada waktu mengunjungi toko atau pelanggan dengan tujuan agar produk yang menjadi tanggung jawabnya cepat laku dan dugunakan oleh konsumen ”

Tujuan Merchandising

Adalah mengubah iklan menjadi penjualan, memperkuat citra produk, menciptakan pembelian tak terencana ( Impulse Buying) dan menaikan penjualan

Siapa Pelaku Merchandising????

Sebenarnya yang melakukan merchandising adalah seorang Merchandiser atau dikenal MD. Dia akan melakukan aktivitas dengan cara mengunjungi setiap store yang akan direncanakan ataudijadwalkan.

Display produk secara seasonal dapat ditata sedemikian rupa sejajar dengan sejauh mata memandang konsumen ( eye level ). Keteraturan produk mesti dijaga, misalnya dengan mengelompokan sesuai dengan planogram yang disediakan oleh pemilik.

Untuk lebih menarik diperlukan P.O.S ( Point of Sales ) sebagai penunjang dalam Merchandising. P.O.S  yang menarik ini akan menimbulkan impulse buying

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s